Tentang Bio

Saya dilahirkan di sebuah dusun di Sleman, Jogjakarta tetapi baru kembali lagi ke Jogjakarta ketika kuliah. Bangku SD dan SMP aku rasakan di Jakarta. Bangku SMA di Bogor dan bangku kuliahan di Jogjakarta (dan Jakarta  dan Deutschland). Sejak saat kuliah itu sampai sekarang, aku merasakan bahwa rumahku di Jogja dan menyebut diri sebagai “orang Jogja” karena benar-benar jatuh cinta, tinggal dan merasa at home di Jogjakarta. Kata pulang bagiku berarti pulang ke dusunku di Sleman Jogjakarta.

Seingatku,  sudah sejak SD menggunakan mata dan bahasa visual untuk bicara dan mengatakan perasaan dan apa yang aku pikirkan. Aku tidak tega melihat buku-bukuku di SD (termasuk buku paket pinjaman sekolah) kosong tanpa coretan gambar. Jadilah buku-buku, ruang kosong di antara buku paket dan kertas yang ada ya kucoreti, kan sayang kalo hanya kosong melompong. Tapi sayangnya waktu itu guru-guru di SD belum melihat anak yang suka ”nakal” mengotori buku sebagai siswa yang baik, apalagi disebut memiliki kecerdasan spasial atau kecerdasan gambar. Maklum tahun-tahun itu di Indonesia belum dikenal teori ”multiple intelegences”-nya Howard Gardner yang intinya Howard Gardner mengatakan bahwa sebenarnya manusia memiliki beberapa jenis kecerdasan. Dia menyebutnya sebagai kecerdasan majemuk atau multiple intelligence. Saat ini ada 8 macam kecerdasan manuasi, kata Howard,  yang salah satunya adalah kecerdasan gambar itu tadi.

Mengenal fotografi dan potret memotret, saat itu aku terpaksa kecemplung  karena kebutuhan mendesak mencari teknik pendampingan anak alternatif saat di Jogjakarta. Saat itu kelompok anak yang aku dampingi protes ”bosen mas nggambar dan mainan yang itu-itu terus!” “Mbok yang lain mas”.  Lalu, seorang teman nekad mengusulkan mengajarkan memotret sebagai sarana anak berekspresi dan melihat lingkungan sekitar dan dirinya. Dicoba dan anak-anak tertarik dan senang. Aku sendiri juga menjadi tertarik setengah mati dengan fotografi, sampai sekarang.

Bicara memotret dan fotografi, aku mengamini apa yang dikatakan Ansel Adams:

“I can’t verbalize the internal meaning of pictures whatsoever. Some of my friends can at very mystical levels, but I prefer to say that, if I feel something strongly, I would make a photograph, that would be the equivalent of what I saw and felt.”

Aku juga mengamini Henri Cartier-Bresson saat dia bilang:

“Taking photographs is a means of understanding which cannot be separated from other means of visual expression. It is a way of shouting, of freeing oneself, not of proving or asserting one`s own originality.”

“Photography is an immediate action; drawing a meditation.  For me photography is to place head heart and eye along the same line of sight. It is a way of life.”

Soal kerja. Saat mahasiswa aku diajak untuk mejadi relawan mendampingi kelompok anak & masyarakat dan sampai sekarang  “hanya” mengenal apa yang disebut pekerjaan = pekerja sosial.  Jadinya aku bisa dibilang kurang pengalaman karena tidak pernah mencoba melamar menjadi pegawai negeri, baik yang sipil atau yang militer. Juga tidak pernah bekerja di perusahaan profit private multinasional.  Juga belum pernah bekerja di BUMN.

Tetapi buatku selama bisa tetap jadi orang, menjaga tetap berpikir merdeka, bisa bercengkerama dengan orang-orang yang aku cintai,  bertemu dengan banyak pribadi & berhubungan dengan hangat, itu cukup sudah.

Saat ini,  sementara aku bekerja di lembaga swadaya masyarakat yang berfokus pada hak-hak anak –  kegiatan fotografi, menjadi videografer, menggambar dan berteater  adalah bagian penting dari gerak diri untuk tetap menjaga “hidup”nya seorang Pietoyo. Saya sangat menikmati memotret manusia dengan segala laku gerak dan emosinya dan kisah-kisahnya.

Untuk fotografi, saat ini saya adalah freelance photographer yang Anda bisa hubungi di alamat email: pitoyo371@gmail.com, matabicaraphotography@gmail.com dan di nomor +62 87889607041

Salam sapere aude

-pitoyo susanto-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: