Menghibur Pengungsi

Tanggap Bencana Merapi 2010 ini membuat hatiku cukup gembira. Mengapa? Karena ada banyak sekali lembaga atau kelompok masyarakat yang tergerak hatinya untuk membantu meringankan beban suadara-saudara mereka yang terpaksa mengungsi karena letusan Merapi.

Mulai dari orang perorangan yang menjadi relawan untuk memantau merapi, mencari korban yang meninggal, menjadi petugas di posko pengungsi Рsampai dengan berbagai perusahaan, toko yang kesehariannya bekerja mencari profit membuat berbagai kegiatan  untuk menyalurkan bantuan.

Ketika bicara membantu meringankan beban pengungsi maka kegiatan yang segera tersergap dalam ide adalah menghibur pengungsi. Tujuannya supaya pengungsi tidak sedih, supaya pengungsi melupakan kesedihannya.

hasilnya luar biasa, hampir setiap hari di posko-posko pengungsi ada kegiatan ‘menghibur pengungsi’ yang digelar oleh berbagai kelompok masyarakat atau relawan. Bahkan untuk di posko-posko pengungsi besar, seperti di posko stadiun sepak bola Maguwoharjo, atau UNY, UPN, JEC (dulu) kegiatan hiburan untuk pengungsi bisa berlangsung dari pagi hari sampai jauh malam, terutama di malam minggu atau hari minggu.

Foto berikut ini merekam beberapa kegiatan ‘menghibur pengungsi’ yang dilakukan oleh berbagai kelompok masyarakat.

 

———> Please click on images for more stories

Iklan

Comments are disabled.

%d blogger menyukai ini: